Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Cara Menanyakan Lowongan Pekerjaan Lewat WA

Cara Menanyakan Lowongan Pekerjaan Lewat WA - Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh lowongan pekerjaan saat ini adalah adanya contact person yang bisa dihubungi untuk menanyakan informasi lebih lanjut. 

Namun, Anda juga harus tahu bagaimana cara menanyakan lowongan kerja lewat WA yang baik dan sopan agar dapat menarik perhatian recruiter.

Ada beberapa etika yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin menanyakan lowongan pekerjaan melalui WA kepada seseorang. Jangan sampai Anda terkesan asal-asalan dan tidak menghargai orang lain. 


Hal ini bisa berdampak buruk pada kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui contoh chat menanyakan lowongan kerja yang tepat dan sesuai dengan kaidah bahasa. 

Dengan begitu, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan atau instansi yang Anda lamar.

Cara Menanyakan Lowongan Pekerjaan Lewat WA

contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat whatsapp Cara Menanyakan Lowongan Pekerjaan Lewat WA Tata Cara Sebelum Menanyakan Lowongan Pekerjaan Lewat Whatsapp

cara menanyakan lowongan pekerjaan lewat wa mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi para pencari kerja. 

Seiring dengan perkembangan dunia digital dan teknologi, komunikasi melalui chat WA menjadi lebih cepat dan praktis. 

Namun, hal ini tidak berarti Anda bisa mengabaikan etika dan adab dalam berkomunikasi ketika menanyakan lowongan kerja lewat whatsapp.

Anda harus tetap memperhatikan cara berbahasa yang sopan dan beradab ketika Anda mengirim pesan singkat melalui WhatsApp. 


Terutama jika Anda ingin menanyakan lowongan kerja kepada HRD atau orang yang memiliki jabatan lebih tinggi, Anda harus menggunakan bahasa formal dan menghormati mereka.

Mungkin Anda sudah terbiasa menanyakan lowongan kerja melalui WA kepada teman atau kenalan dan tidak perlu menggunakan bahasa formal. 

Namun, jika Anda ingin menanyakan lowongan kerja kepada orang yang tidak dikenal atau memiliki posisi yang lebih tinggi, Anda harus memperhatikan etika dan adab dalam chat WA.

Tata Cara Sebelum Menanyakan Lowongan Pekerjaan Lewat Whatsapp

Lalu bagaimana cara bertanya lowongan pekerjaan yang sopan? Apa yang harus diperhatikan saat menanyakan loker kepada HRD atau TIM Rekrutmen? berikut tispnya:

1. Lihat waktu selama pengiriman pesan chat WA

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda ingin menanyakan lowongan pekerjaan lewat WhatsApp adalah waktu atau jam pengiriman pesan. 

Anda harus menghindari mengirim pesan seputar lowongan kerja di luar jam dan hari kerja, misalnya di atas jam 7 malam atau di akhir pekan.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda menghormati waktu dan privasi orang lain. Jika Anda mengirim pesan di waktu yang tidak tepat, Anda bisa menimbulkan kesan negatif dan mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Dahulukan mengucapkan salam

Selain itu, Anda juga harus mengucapkan salam atau sapaan sebelum Anda bertanya seputar lowongan kerja kepada HRD melalui WhatsApp. 

Anda bisa menggunakan salam yang sesuai dengan agama atau kepercayaan orang tersebut, misalnya “Assalamualaikum” atau “Shalom”. 

Atau, Anda bisa juga menggunakan sapaan yang lebih umum, misalnya “Selamat Pagi” atau “Selamat Siang”.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda sopan dan ramah dalam berkomunikasi. Jika Anda langsung bertanya tanpa mengucapkan salam, Anda bisa menimbulkan kesan kurang ajar dan tidak menghargai orang lain.

3. Hindari penggunaan ‘’P’’ saat memulai pembicaraan

Selanjutnya, Anda harus menghindari penggunaan huruf “p” saat memulai pembicaraan. Meskipun tujuannya adalah agar pesan Anda segera dibaca dan dibalas, namun hal ini bisa terbawa ke dunia kerja dan menimbulkan kesan tidak profesional. 

Anda harus ingat bahwa Anda sedang berkomunikasi dengan orang yang berwenang dan berpengaruh dalam perusahaan yang Anda lamar. 

Jika Anda menggunakan huruf “p” saat mengirim pesan, Anda bisa menimbulkan kesan tidak sopan dan tidak serius.

4. Hindari pemaksaan agar pesan dibalas

Selain itu, Anda juga harus menghindari pemaksaan agar pesan Anda dibalas. Meskipun Anda mungkin merasa penasaran atau khawatir tentang status lamaran Anda, namun hal ini bisa terlihat sebagai tindakan yang tidak sabar dan tidak hormat. 

Anda harus mengerti bahwa HRD mungkin memiliki banyak pekerjaan dan tanggung jawab lain yang harus diselesaikan. 

Jika Anda terus-menerus mengirim pesan atau menelpon untuk meminta balasan, Anda bisa menimbulkan kesan mengganggu dan menjengkelkan.

5. Cantumkan nama dan sumber Anda dapatkan kontak WA HRD

Terakhir, Anda harus mencantumkan nama dan sumber informasi kontak WhatsApp HRD pada bagian akhir pesan Anda. 

Hal ini bertujuan agar HRD bisa mengenal siapa Anda dan dari mana Anda mendapatkan nomor WhatsApp mereka. 

Baca Juga : 
Anda bisa menyebutkan nama lengkap atau inisial Anda, serta sumber informasi kontak WhatsApp HRD, misalnya dari iklan media sosial, website perusahaan, atau rekomendasi teman.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda jujur dan transparan dalam berkomunikasi. Jika Anda tidak mencantumkan nama dan sumber informasi kontak WhatsApp HRD, Anda bisa menimbulkan kesan asal-asalan dan tidak terpercaya.

Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp yang Baik dan Benar

Mungkin sobat rekrutbumn.com masih bingung bagaimana contoh menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang benar dan beretika seperti penjelasan diatas. 

Sobat gak perlu bingung, di bawah ini sudah kita sudah sediakan contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat whatsapp dan juga cara menulis lamaran kerja melalui wa tentunya harus sobat perhatikan dengan baik.


Contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang benar dan beretika, seperti berikut kata kata mengirim lamaran lewat wa yang sopan:

1. Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Via WA

“Assalammualaikum. Selamat pagi dan Salam Sejahtera Bapak / Ibu HRD PT Sejahtera. 

Maaf mengganggu sebelumnya. Perkenalkan saya Citra Kirana, usia 23 tahun, pendidikan terakhir adalah S1 Ekonomi Universitas Negeri Indonesia.

Saya ingin menanyakan apakah benar di perusahaan Bapak/ Ibu saat ini ada lowongan untuk posisi Finance? Jika masih ada, saya tertarik untuk melamar.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen seperti CV dan dokumen lainnya yang mendukung. Terima kasih.”

2. Contoh Cara Menanyakan Loker Lewat WA

“Selamat pagi Pak Andi. Perkenalkan nama saya Rangga Ahmad fresh graduate dari Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Ekonomi. 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari sosial media, pada tanggal 11 April 2022, PT Sinar Karya sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Content Writer.

Melalui pesan singkat ini, saya bermaksud ingin melamar pekerjaan untuk posisi Content Writer di PT. Sinar Karya. 

Sejak duduk di bangku SMA, saya sudah aktif di dunia penulisan, mulai dari menulis majalah sekolah, hingga menjadi freelance writer di beberapa media online ternama. 

Dengan pengalaman dan skill ini, saya yakin bisa memberikan kontribusi yang bagus untuk PT Cahaya. Berikut saya lampirkan contoh tulisan beserta CV sebagai bahan pertimbangan. 

Besar harapan saya bisa bergabung dan menjadi bagian PT Sinar Karya. Terima kasih.”

3. Contoh Cara Menanyakan Lowongan Pekerjaan Melalui WA

Assalamualaikum Wr.Wb. 
 
Selamat pagi Bapak/Ibu. Salah Sejahtera
 
Saya Linda Putri dari Pontianak, saya melihat informasi lowongan pekerjaan untuk posisi xxx pada perusahan PT. Duta Teks.
 
Saya ingin mengonfirmasi apakah lowongan untuk posisi tersebut masih tersedia?
 
Terima kasih atas waktu dan kesediaan Bapak/Ibu untuk membalas pesan ini.

4. Contoh Chat Menanyakan Loker Lewat WA

Selamat Pagi Pak/Bu, Sesuai dengan informasi yang ada pada website bahwa PT. Maha Sewa sedang membutuhkan karyawan baru sebagai Web Enginer, maka izinkan saya yang memiliki biodata dibawah ini

Nama : Andalas Putra
Alamat : Jl. Sidang, Jakarta
Pendidikan : S1 Sistem Teknik Informasi, Universitas Riau

Bermaksud untuk bertanya seputar detail lowongan pada pekerjaan tersebut. Mohon sekiranya untuk memberikan penjelasan terkait deskripsi pekerjaan, persyaratan untuk melamar dan hal lain yang bisa dijelaskan kepada para calon pelamar seperti saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih

5. Contoh Chat WA Menanyakan Lowongan Kerja yang Baik dan Sopan

Selamat Pagi, Bapak/Ibu Personalia.
 
Perkenalkan nama saya Nadia Putri, saya melihat informasi lowongan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pada akun Instagram @rekrutbumn.
 
Kemudian, saya diarahkan untuk menghubungi Bapak/Ibu melalui WA ini.
 
Saya ingin mengonfirmasi apakah lowongan tersebut masih tersedia?
 
Terima kasih atas waktu dan kesediaan Bapak/Ibu untuk membalas pesan ini.

Penutup

Nah itu dia sobat rekrutbumn.com Contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang benar dan beretika. 

Penting diperhatikan tata cara menanyakan lowongan kerja lewat wa agar memiliki kesan positif kepada pihak perusahaan yang dituju. Semoga cara menanyakan lowongan pekerjaan lewat wa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Cara Menanyakan Lowongan Pekerjaan Lewat WA"