Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat SMS

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat SMS - Bagaimana sih cara nanya lowongan kerja lewat SMS? Mungkin itu pertanyaan yang sering muncul di benak para pencari kerja zaman sekarang. 

Soalnya, sekarang kan udah banyak banget media sosial dan internet yang bisa dimanfaatkan buat cari info lowongan kerja.

Dulu, orang-orang cari kerja lewat koran atau langsung ke kantor pos. Tapi, sekarang kan udah gampang banget, tinggal buka HP aja. 

Cuma, ada beberapa hal yang harus diperhatikan biar tetap sopan dan profesional saat ngirim pesan SMS ke HRD atau Tim Rekrutmen.

Misalnya, foto profil yang rapi dan formal, bahasa yang baku dan sesuai EYD, dan waktu ngirim pesan yang pas.

Jangan sampai ngirim pesan di luar jam kerja atau di akhir pekan. Nanti malah dianggap ganggu atau kurang sopan.

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat SMS

cara menanyakan lowongan kerja lewat sms

Teknologi informasi yang semakin maju saat ini membuat para pencari kerja lebih mudah untuk mendapatkan informasi terkait lowongan kerja terbaru dari berbagai perusahaan.

Kalau kamu udah lulus kuliah, dan sekarang jadi fresh graduate alias pengangguran, tentu kamu harus segera melamar kerja (kecuali kalau kamu mau buka usaha sendiri, sih). 

Kamu juga harus tahu beberapa persyaratan umum dan dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan sebelum melamar kerja.

Kalau kamu melamar loker lewat SMS, tentu biayanya bisa lebih hemat. Soalnya, kalau kamu kirim lewat Kantor Pos, kan harus bayar cetak dokumen dan ongkos kirim yang bisa mahal banget dan bikin anggaranmu jebol.

Cara Menanyakan Lowongan Pekerjaan Melalui SMS

Lalu cara menanyakan lowongan pekerjaan lewat sms? Bagaimana Cara SMS untuk melamar pekerjaan? 

Apa yang harus kita perhatikan agar SMS kita dibalas oleh HRD atau Tim Rekrutmen? Simak artikel dibawah ini: 

1. Perhatikan waktu ngirim pesan

Hal pertama yang harus kamu perhatiin kalo mau menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp atau SMS itu waktu ngirim pesannya. 

Usahain ngirim chat atau pesan pas jam kerja aja. Kalo kamu ngirimnya pas malem, bisa aja pesannya ketumpuk sama pesan lain dan mungkin enggak dibaca sama HRD.

2. Ucapin salam pembuka

Ucapin salam pembuka itu penting banget buat nanya lowongan kerja. Salam pembuka yang bisa kamu pake kayak, selamat pagi/selamat siang/selamat sore Pak/Bu. Tentu aja, salam pembuka ini harus sesuai sama waktu ngirim pesan chatnya.

3. Kenalin diri

Abis ucapin salam pembuka, kamu harus kenalin diri dan identitas singkatnya, kayak umur sama latar belakang pendidikannya. Ini perlu biar pihak HRD tau siapa kamu sebagai pengirim pesan atau chat.

4. Jelasin keperluan

Abis kenalin diri, kamu selanjutnya harus jelasin keperluan kamu, yaitu buat nanya lowongan kerja. Tanyain lowongan kerja yang mau kamu lamar secara detail, termasuk detail divisi atau bidangnya.

Baca Juga: 
Jangan lupa buat kasih tau ke HRD dari mana kamu dapet info tentang lowongan kerja yang ada di perusahaan itu.

5. Ucapin salam penutup

Bagian terakhir dari chat atau pesan kamu adalah salam penutup. Ucapin makasih atas waktu yang udah diberiin sama HRD yang udah mau baca pesan kamu. 

Enggak perlu pake bahasa yang panjang-panjang biar maksud dan tujuan pesannya bisa nyampe dengan baik.

Tips Menanyakan Lowongan Kerja Lewat SMS yang Sopan

apa saja yang harus diperhatikan saat menanyakan lowongan kerja lewat SMS?  apa saja yang perlu disiapkan sebelum menanyakan lowongan kerja lewat SMS?

setelah mengetahui beberapa cara menanyakan lowongan pekerjaan lewat sms diatas, rekrutbumn.com memberikan tips menanyakan lowongan kerja lewat SMS yang sopan seperti dibawah ini:
  1. Ketikkan beberapa kalimat formal yang memiliki maksud untuk menanyakan perihal detail dari lowongan pekerjaan yang telah disediakan oleh perusahaan terkait.
  2. Jangan menyingkat pesan SMS.
  3. Hindari menggunakan bahasa gaul dan alay.
  4. Jangan menggunakan "p" untuk mengawali pembicaraan.
  5. Jelaskan keperluan dengan jelas.
  6. Hindari memaksa dibalas.
  7. Hindari menarik kembali pesan yang sudah dikirim.
  8. Periksa tata bahasa dan tanda baca.
  9. Cantumkan nama pengirim pada bagian akhir

Contoh Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat SMS

Apakah ada contoh format surat lamaran kerja umum yang bisa dikirim lewat SMS yang bisa dijadikan referensi?  Apakah ada contoh pesan SMS yang sopan dan efektif untuk menanyakan lowongan kerja?

Dibawah ini adalah salah satu contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat sms yang baik dan sopan yang bisa kamu tiru atau modifikasi sesuai kebutuhan kamu:
Selamat pagi/siang/sore Bapak/Ibu PT RekrutBUMN.com,

Nama saya Rani, saya lulusan S1 Akuntansi dari Universitas ABC. Saya tertarik dengan posisi Staff Akuntansi di perusahaan Bapak/Ibu yang saya lihat di portal lowongan kerja online.

Saya ingin menanyakan apakah posisi tersebut masih tersedia dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar. Apakah saya harus mengirimkan surat lamaran, CV, dan dokumen pendukung lainnya melalui email atau langsung ke kantor perusahaan? Bagaimana juga dengan jadwal dan tahapan seleksi yang akan dilakukan?

Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya berharap dapat mendapatkan informasi lebih lanjut dari Bapak/Ibu.

Hormat saya, Rani 
Jika kamu menggunakan contoh diatas, pastikan untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan. Adapun contoh lain yang bisa kamu gunakan seperti pada Cara Menulis Lowongan Pekerjaan Lewat WA.

Penutup

Nah itu dia sobat rekrutbumn.com tentang bagaimana cara menanyakan lowongan kerja lewat sms. Dengan beberapa tips menanyakan lowongan pekerjaan lewat sms diatas dapat membantu kalian mendapatkan pekerjaan. Semoga Sukses!!

Posting Komentar untuk "Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat SMS"