Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Membuat CV Kerja Yang Benar dan Menarik

Cara Membuat CV Kerja Yang Benar dan Menarik - Curriculum Vitae merupakan dokumen penting yang harus disiapkan saat melamar pekerjaan. 

Dokumen ini berisi informasi tentang kualifikasi, pengalaman, dan kompetensi si pelamar. Dengan melihatnya, perusahaan dapat menilai apakah si pelamar memenuhi kriteria yang dibutuhkan. 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengetahui bagaimana cara menyusun CV yang menarik dan sesuai dengan standar agar dapat meningkatkan peluang diterima kerja.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, perekrut atau recruiter hanya membutuhkan waktu sekitar 6 detik untuk mengevaluasi curriculum vitae. 

Dengan demikian, CV menjadi faktor kunci yang menentukan apakah seseorang dapat lolos atau gagal dalam seleksi lamaran.

Mengingat hal tersebut, setiap pelamar perlu mempelajari bagaimana cara menyusun curriculum vitae yang baik dan benar serta melihat contoh cv yang berkualitas dan profesional. 

Sebab, curriculum vitae mencerminkan bagaimana kamu menampilkan diri sebagai calon karyawan yang potensial.

Apa itu Curriculum Vitae (CV)?

Cara Membuat CV Kerja Yang Benar dan Menarik

Mengutip dari situs resmi Prakerja, CV atau Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup. Isi Curriculum Vitae (CV) berisi informasi lengkap dan kronologis mengenai data diri, latar belakang akademik beserta prestasi dan pencapaiannya, pengalaman profesional, kualifikasi, dan deskripsinya.

Biasanya panjang Curriculum Vitae (CV) adalah satu sampai dua halaman atau lebih. Hal ini tergantung berdasarkan tujuan pembuatannya.

Tujuan dan Isi Curriculum Vitae (CV)

Tujuan Curriculum Vitae (CV) dibuat adalah untuk menjelaskan riwayat hidup dengan selengkap-lengkapnya secara kronologis. 

Umumnya, CV ditulis secara kronologis, lengkap dengan deskripsi dari tiap-tiap poinnya karena CV dirancang untuk memberikan penjelasan lengkap mengenai perjalanan karir seseorang.

Seperti yang telah diketahui tentang apa itu Curriculum Vitae (CV) berisikan keterangan daftar riwayat hidup. Apa saja informasi daftar riwayat hidup yang termasuk dalam CV? Berikut ini isi CV, antara lain:

  • Data diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman profesional
  • Riwayat prestasi, dan keterampilan-keterampilan yang dimiliki
  • Bisa juga tambahkan keterangan pendukung lainnya yang relevan.

Tips Cara Membuat Curriculum Vitae (CV)

Berikut ini tips langkah-langkah cara membuat Curriculum Vitae (CV) yang baik agar terlihat menarik.

  • Cantumkan poin-poin singkat, namun menjelaskan diri dengan baik
  • Kemas CV dengan tampilan yang simpel agar menarik minat pembaca
  • Informasi yang disampaikan dalam CV harus jujur dan akurat
  • Hindari terlalu banyak informasi yang tidak relevan dalam CV
  • Beri jarak margin pada semua sisi CV sebesar 1,5 spasi atau disesuaikan
  • Gunakan bahasa dan istilah yang mudah dipahami
  • Hindari desain CV terlalu ramai, beri ruang dalam CV agar terlihat bersih dan mudah dibaca serta memberi ruang bagi pembaca untuk
  • membubuhkan catatan di CV
  • Hindari kesalahan penulisan dalam CV dan lakukan pengecekan ulang.

Cara Membuat CV yang Benar dan Contoh Resume yang Bagus

CV adalah dokumen resmi yang digunakan untuk melamar pekerjaan yang berisi informasi tentang riwayat kerja, prestasi, pendidikan, dan kompetensi kamu.

Tujuan dari CV adalah untuk menunjukkan alasan mengapa kamu pantas dipilih, bukan untuk menceritakan seluruh perjalanan kariermu. 

Oleh karena itu, di bagian awal, kamu harus dapat memberikan kesan positif dan meyakinkan perusahaan untuk melanjutkan membaca CV kamu.

Susun CV yang menarik yang dapat menggambarkan kualifikasi kamu dengan jelas. Isilah dengan prestasi profesional dan akademis serta keterampilan penting kamu saja.

Cara Membuat CV Menarik dan Profesional

Nah, dalam ulasan kali ini, rekrutbumn.com akan berbagi informasi nih mengenai cara membuat cv yang menarik baik itu di word maupun online. Sebab, untuk memenangkan persaingan kerja, butuh persiapan benar-benar matang, termasuk mempersiapkan curriculum vitae. 

1. Sertakan nama, alamat, nomor telepon, dan email dan letakkan di bagian atas CV atau CV Header

Informasi pribadi adalah salah satu elemen penting dalam curriculum vitae. Kamu tidak perlu menulisnya secara lengkap dan rinci, cukup sertakan nama, alamat, nomor telepon, dan email.
Letakkan informasi pribadi di bagian atas CV atau CV Header. Karena informasi ini akan menjadi hal pertama yang diperhatikan oleh perekrut.

Perhatikan juga ukuran font pada nama. Sebaiknya, ukuran font pada nama lebih besar dari teks lainnya.

Dalam menulis informasi pribadi ini, kamu harus menempatkan nama di urutan paling atas. Lalu di bawahnya tuliskan alamat. Di bawahnya lagi nomor telepon. Lalu di bawahnya lagi email.

2. Tuliskan CV Objective atau CV Summary dan letakkan di bawah informasi pribadi

CV Objective atau CV Summary biasanya berisi tentang ringkasan karier. Namun, karena kamu masih baru dalam hal cara membuat CV, ringkasan karier bisa digantikan dengan ringkasan pendidikan kamu.

Misalnya saja kamu menceritakan tentang jurusan yang kamu pilih selama menempuh pendidikan. Lalu berapa lama pendidikan tersebut diselesaikan. 

Kemudian apa saja yang kamu dapatkan selama menempuh pendidikan tersebut. Tuliskan semuanya itu dalam satu paragraf sepanjang tiga baris.

3. Memiliki pengalaman kerja? Sertakan meskipun itu hanya magang asal masih relevan dengan pendidikan yang ditempuh

Pengalaman kerja adalah salah satu hal yang dipertimbangkan oleh perekrut dalam memberikan panggilan interview. 

Oleh karena itu, salah satu cara yang tepat dalam menyusun curriculum vitae adalah memastikan pengalaman kerja itu tertulis dengan jelas. 

Bagi yang masih fresh graduate, kamu bisa menyertakan pengalaman magang atau pekerjaan lain asal masih ada kaitannya dengan pendidikan yang ditempuh.

Dalam menyampaikan informasi pengalaman kerja, pekerjaan terakhir disarankan untuk diletakkan di urutan pertama. 

Informasi utama yang harus ditulis adalah tugas dan tanggung jawab selama menjalani pekerjaan tersebut. Pastikan tidak ada yang terlupakan dalam menulis informasi tersebut.

4. Tuliskan pendidikan yang telah dijalani, terutama perguruan tinggi jika ada dan letakkan posisinya di bawah pengalaman kerja

Dalam menulis pendidikan yang dijalani, sebaiknya tuliskan hanya yang penting-penting saja. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menulis latar belakang pendidikan, yaitu:
  • Nama universitas atau sekolah.
  • Lamanya menempuh pendidikan.
  • Jurusan yang diambil.
  • Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN).
  • Menuliskan itu aja dalam latar belakang pendidikan udah lebih dari cukup. Dengan begitu, kamu gak perlu bikin CV lebih dari satu lembar demi memuat informasi seputar pendidikanmu.

5. Di bawah bagian pendidikan, tuliskan kemampuan atau skill yang dikuasai

Meskipun kamu memiliki banyak kemampuan atau skill, tidak berarti semuanya harus disertakan. 

Sebaiknya tuliskan kemampuan atau skill yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Lalu, bagaimana cara menyusun curriculum vitae yang menuliskan skill sesuai pekerjaan yang dilamar?

Kenali pekerjaan apa yang ingin kamu lamar dan skill-skill apa yang dibutuhkan pekerjaan tersebut. 

Misalnya saja pekerjaan yang kamu lamar adalah Desain Grafis. Tuliskan kemampuan bahwa kamu bisa mengoperasikan software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dll. 

Hindari menuliskan skill-skill yang umum dan mudah dilakukan. Misalnya saja menggunakan Ms. Word.

6. Jika dirasa perlu, kamu juga bisa menambahkan informasi lain seperti minat, prestasi, atau pengalaman berorganisasi

Informasi ini sebenarnya hanya informasi tambahan saja. Tidak harus disertakan dalam CV. Namun jika ingin memuatnya tidak masalah juga.

Enam poin di atas adalah contoh penunjang cv yang baik dan benar sebagai referensi untuk kamu. 

Meskipun begitu, ada juga perekrut yang sangat mempertimbangkan poin-poin tersebut. Mereka akan memberikan kamu nilai tambah di mata perekrut.

Cara membuat CV yang menarik di Word

Cara membuat CV di Word kini jadi lebih praktis. Namun, hal ini berbeda-beda sesuai dengan aplikasi Microsoft Word yang kamu pakai ya.

Pastikan Word yang kamu pakai adalah Microsoft Word 2010. Lalu, bagaimana contoh cv word dan cara menyusun CV di Word 2010?

Cara membuat CV yang menarik di Word

1. Buka Microsoft Word 2010 lalu pilih menu File
2. Pilih New lalu pilih Resumes and Cover Letters
3. Pilih template Resumes and Curriculum Vitae
4. Silahkan ganti isi template CV dengan data pribadi kalian
5. Jika sudah lalu save dan print out.
6. Selesai


Nah itu dia cara sederhana membuat Curriculum Vitae di word. Tentunya dengan kreasi kalian akan lebih keren dan menarik.

Cara Membuat CV Online Gratis yang Menarik

Dengan perkembangan teknologi online saat ini, membuat desain CV yang menarik tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan.

Rekrutbumn.com telah merangkum beberapa website yang dapat Anda jadikan referensi untuk membuat CV online yang baik dan benar serta memilih format CV yang menarik.

1. Zety

Zety adalah salah satu website pembuat curriculum vitae yang direkomendasikan untuk digunakan. Situs ini dapat Anda gunakan untuk membuat CV yang menarik.
Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan Zety adalah:
  1. Anda dapat membuat surat lamaran dengan template yang sama dengan template CV yang Anda gunakan.
  2. Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuat CV melalui Zety.
  3. Zety menyediakan lebih dari 20 template CV yang modern dan profesional. Anda dapat mengunduh template cv gratis Indonesia melalui Zety.
  4. Ada juga tips-tips dari para ahli yang dapat Anda baca.

2. VisualCV

Website ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan dalam membuat CV online. Di dalam situs ini, Anda dapat melihat contoh CV sederhana. Beberapa fitur VisualCV yang sangat berguna untuk Anda coba adalah:
  1. Fitur impor data dari Linkedin.
  2. Ketersediaan desain dan template CV yang modern.
  3. Fitur impor CV atau resume dari format PDF atau Ms. Word.
  4. Selain dapat digunakan dengan membuka website, Anda juga dapat menggunakan VisualCV dalam bentuk aplikasi smartphone yang tersedia di Play Store.

3. CV Maker

Website selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mendukung cara membuat curriculum vitae adalah CV Maker. Membuat CV online di CV Maker dapat dikatakan mudah, cepat, dan tentu saja gratis. 

Di website ini Anda dapat membuat CV dalam format PDF, HTML, dan TXT.
Seperti yang tertera dalam website-nya, jumlah unduhan dari CV Maker telah mencapai 16.310.726. Sementara jumlah CV yang tersimpan 6.247.762. Dari situ, terlihat jelas bahwa pengguna CV Maker cukup banyak.

4. Resume Genius

Resume Genius adalah sebuah website yang membantu Anda membuat curriculum vitae dalam waktu 15 menit. Resume Genius membagi-bagi format curriculum vitae sesuai dengan kategori pekerjaan yang Anda jalani.

Terdapat 18 kategori pekerjaan yang digunakan sebagai penentu format CV. Pilih salah satu kategori yang sesuai dengan pekerjaan Anda lalu Resume Genius akan menampilkan format CV yang sesuai dengan kategori yang dipilih.

5. ResumUP 

ika Anda ingin tahu cara membuat CV yang kreatif, Anda dapat mencoba situs pembuat CV online ini. ResumUP memiliki pilihan-pilihan desain yang cukup menarik dan dilengkapi pula dengan fitur infografis sehingga membuat CV Anda tidak akan terlihat membosankan.

Selain itu, Anda dapat melihat contoh-contoh atau template CV kreatif yang terdapat di dalam website ini. Pastikan untuk membuat CV sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar, ya.

6. Easel.ly 

Ada juga Easel.ly, situs pembuat curriculum vitae kreatif ini menyediakan berbagai macam template CV kreatif yang atraktif secara visual. 

Sangat cocok untuk Anda yang ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif. Ada beberapa pekerjaan dalam industri kreatif yang dapat Anda coba, mulai dari media, periklanan, perfilman dan industri fashion.

7. Online CV Generator 

Anda juga dapat mengetahui cara membuat curriculum vitae yang menarik melalui online CV generator. Situs pembuatan curriculum vitae kreatif ini juga dapat membantu Anda untuk membuat CV dengan sangat mudah.

Saat masuk ke situs Online CV Generator ini, Anda akan diminta untuk mengisi informasi dasar mulai dari pendidikan hingga pengalaman kerja. Template yang tersedia pada situs ini juga gratis sehingga dapat Anda gunakan kapan saja.

8. Resume Baking 

Website selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV online adalah Resume Baking. Situs ini tidak hanya memiliki font yang beragam, tetapi juga memiliki pilihan contoh CV kreatif yang sesuai dengan profesi Anda, mulai dari HRD, media, kreatif, dan lain-lain.

Setelah membuatnya, Anda hanya perlu mengunduh CV lamaran kerja yang sudah Anda buat di Resume Baking. Menarik, bukan?

9. Kick Resume

Selain menyediakan template CV, Anda juga dapat membuat surat lamaran yang menarik di situs Kick Resume. 

Jika belum menemukan template curriculum vitae yang cocok dari yang telah disediakan, Anda juga dapat mengubah warna dan font sesuai dengan keinginan Anda. Cukup lengkap, bukan?

10. Canva

Terakhir, ada juga Canva. Situs untuk membuat CV online bernama Canva ini adalah solusi untuk berbagai kebutuhan. 

Di dalam Canva terdapat banyak template CV menarik yang dapat Anda gunakan mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Yang lebih menarik lagi, Canva juga dapat Anda unduh di Google PlayStore maupun App Store sehingga dapat menjadi cara membuat CV di HP yang mudah.

Selain untuk membuat curriculum vitae, Canva juga dapat digunakan untuk membuat infografis, slide presentasi, dan lain-lain.

Anda hanya perlu melakukan drag and drop pada template curriculum vitae yang Anda pilih, mengeditnya, kemudian mengetik isinya secara gratis.

Mudah, bukan? Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan format curriculum vitae seperti apa yang cocok dengan pekerjaan Anda.

Aplikasi Membuat CV Online Gratis

Aplikasi membuat CV online yang gratis dan mudah digunakan Cara membuat CV tidak hanya bisa dilakukan secara online, tetapi juga bisa melalui aplikasi. 

Ada beberapa aplikasi yang menawarkan layanan pembuatan curriculum vitae secara gratis sehingga Anda bisa mengunduh CV PDF di sana.

1. Curriculum Vitae

Aplikasi pembuat curriculum vitae ini cukup simpel dan langsung bisa digunakan. Karena tampilan yang ditampilkan dalam Curriculum Vitae cukup sederhana.

Semua bagian informasi yang disediakan Curriculum Vitae dari detail pribadi, profil, pengalaman kerja, pendidikan, bahasa, dan hobi. Aplikasi ini tersedia di Android dan bisa diunduh secara gratis di Play Store.

2. CV & Resume Creator

Penggunaan aplikasi sebagai pendukung cara membuat curriculum vitae ini juga cukup mudah karena desainnya yang sederhana dan cepat dimuat. Dijamin tidak ribet deh.

Selain itu CV & Resume Creator menyediakan lebih dari 1.000 template CV. Anda bisa mengunduh CV dalam format JPEG, PNG, hingga PDF. 

Aplikasinya bisa diunduh secara gratis di Play Store. Semua template ini bisa Anda jadikan sebagai contoh membuat cv yang baik dan benar.

3. Free resume maker CV maker templates formats app

Selanjutnya ada aplikasi Free resume maker CV maker templates formats app. Aplikasi pembuat CV online gratis ini menyediakan lebih dari 50 template CV.

Aplikasi cara membuat CV online ini diklaim cocok untuk orang-orang yang baru lulus alias fresh graduate. Free resume maker CV maker templates formats app bisa didapat dari Play Store secara gratis.

4. Resume PDF Maker/CV Builder

Kemudian ada Resume PDF Maker/CV Builder sebagai aplikasi pembuat CV gratis untuk pengguna android. Aplikasi ini bisa membantu Anda dalam membuat dan mengedit berbagai resume dalam format PDF dengan cepat.

Selain itu, Resume PDF Maker/CV Builder bisa Anda gunakan secara offline lho. Aplikasi ini sendiri bisa Anda dapatkan langsung dengan mengunduhnya lewat Play Store.

Jenis-jenis Curriculum Vitae

Terdapat sedikitnya 3 jenis curriculum vitae yang bisa kamu buat berdasarkan latar belakang pendidikan dan juga pengalaman, di antaranya sebagai berikut.

CV untuk lulusan SMA atau SMK

Sesuai namanya, curriculum vitae yang satu ini khusus dibuat oleh kamu yang memiliki pendidikan terakhir di jenjang Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan. Terdapat beberapa hal yang wajib dicantumkan dalam curriculum vitae, berikut ini adalah informasinya.

  • Informasi diri
  • Riwayat pendidikan
  • Penghargaan atau prestasi
  • Pengalaman berorganisasi selama sekolah
  • Nilai akhir
  • Referensi
Itulah beberapa informasi yang wajib kamu cantumkan supaya HRD bisa mempertimbangkan kamu sebagai kandidat yang memenuhi kualifikasi.

CV untuk Fresh Graduate

Selanjutnya ada jenis curriculum vitae yang diperuntukkan Fresh Graduate. Tulisan yang satu ini menjadi salah satu yang paling banyak diterima oleh perusahaan karena jumlah  lulusan baru Perguruan Tinggi setiap tahunnya terhitung cukup banyak. Beberapa informasi yang wajib kamu masukkan dalam CV ini adalah:

  • Informasi diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman magang
  • Pengalaman organisasi
  • Penghargaan atau prestasi
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  • Karya ilmiah, Thesis atau Skripsi
  • Keahlian tambahan
Delapan hal tersebut adalah informasi yang wajib kamu masukkan dalam CV bila ingin dipanggil oleh HRD. Kalau kamu mau lihat contoh CV PDF bisa dengan mudah mengunduhnya di internet, kok! 

CV untuk pekerja berpengalaman atau profesional

Terakhir ada jenis yang dibuat oleh para kalangan pekerja yang sudah memiliki jam terbang tinggi di dunia profesional. Beberapa hal yang umum ditemukan dalam CV seorang pekerja profesional antara lain adalah:

  • Informasi diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman kerja
  • Keahlian dan kemampuan
  • Penghargaan atau prestasi
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
  • Referensi kerja
Nah itulah beberapa jenis Curriculum Vitae yang penting kamu ketahui jenis-jenisnya

Penutup

Itulah informasi-informasi yang perlu Anda ketahui mengenai Cara Membuat CV Kerja Yang Benar dan Menarik. Tetapi, ada satu hal yang perlu Anda ingat. CV memang penting, tetapi yang lebih penting adalah pengalaman kerja yang Anda miliki.

Lalu jika Anda adalah fresh graduate, nilai akademik dan pengalaman magang menjadi faktor penentu agar Anda dapat undangan wawancara. Semoga berbagai informasi soal cara membuat CV offline dan online yang menarik di ulasan ini sangat bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "4 Cara Membuat CV Kerja Yang Benar dan Menarik"