Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate dan Cara Melamar Pekerjaan

Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate - halo sobat rekrutbumn.com pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tips mencari kerja untuk fresh graduate untuk sobat yang sudah lama menganggur.

Untuk mencari lowongan kerja fresh graduate tentunya bukanlah hal mudah, mengingat persaingan mencari dan mendapatkan pekerjaan untuk fresh graduate cukup sulit.

Namun rekrutbumn.com akan berbagi informasi penting untuk kita semua bagaimana tips fresh graduate mencari kerja.

Tips Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate Lama Menganggur

tips mencari kerja untuk fresh graduate tips fresh graduate mencari kerja tips cari kerja untuk fresh graduate tips mencari pekerjaan untuk fresh graduate Cara Melamar Pekerjaan untuk Fresh Graduate tips cari kerja fresh graduate lama menganggur tips mencari kerja bagi fresh graduate

Menjadi seorang fresh graduate membutuhkan persiapan yang matang untuk menghadapi persaingan di dunia kerja. 

Saat ini, mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tips mencari kerja untuk fresh graduate yang efektif.

Salah satu alasan mengapa Anda harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah adalah karena hal ini akan mempengaruhi minat dan bakat Anda. 

Jika Anda bekerja sesuai dengan passion, Anda akan merasa lebih nyaman dan puas. Selain itu, kinerja Anda juga akan meningkat. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk karir Anda di masa depan.

7 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate

Lulus kuliah adalah awal dari perjalanan baru Anda di dunia kerja. Namun, tidak sedikit fresh graduate yang merasa bingung untuk menemukan pekerjaan yang cocok. 

Meskipun ada banyak pilihan pekerjaan yang tersedia untuk lulusan baru, tetapi Anda harus bersaing dengan banyak orang lain yang juga memiliki kualifikasi yang sama atau bahkan lebih baik.

Dibawah ini adalah tips cari kerja fresh graduate lama menganggur yang harus kalian ketahui sebelum melamar pekerjaan :

1. Kenali Potensi Diri

Banyak lulusan yang masih bimbang tentang apa yang ingin dan mampu mereka kerjakan setelah menempuh pendidikan selama 4 tahun di perguruan tinggi.

Karena itu, fresh graduate harus memanfaatkan waktu setelah lulus kuliah untuk mengeksplorasi apa bidang yang paling diminati dan bersemangat untuk dikerjakan.

Bidang tersebut tidak harus sesuai dengan jurusan kuliah, karena Anda bisa meningkatkan skill dengan belajar mandiri atau mengambil kelas profesional. Setelah bidang sudah dipilih, mulailah untuk mempersiapkan diri secara mendalam.

2. Buat CV yang Sesuai

Banyak orang yang menuliskan semua pengalaman mereka ke dalam Curriculum Vitae (CV) saat melamar kerja. Padahal yang lebih penting, mengerti terlebih dahulu bagaimana menulis CV yang efektif agar menarik perhatian perekrut.


Waktu setelah lulus adalah kesempatan yang baik untuk mempelajari itu. Sambil mencari tahu apa bidang yang paling ingin digeluti, Anda bisa belajar membuat CV yang efektif.

Hal ini penting karena perekrut biasanya kurang menyukai CV yang terlalu panjang dan kurang menunjukkan kemampuan individu.

3. Gunakan Alamat Email yang Baik

Jika selama kuliah alamat email sembarangan, Anda perlu mengubah nama saat mulai mencari kerja. 

Jangan sampai ketika melamar kerja melalui email tapi nama yang terlihat tidak sesuai dengan nama asli.

Pastikan alamat email mudah dikenali dan sama dengan identitas yang tercantum dalam data pelamar.

4. Manfaatkan Aplikasi Pencari Pekerjaan

Sekarang ini, mencari pekerjaan tidak hanya dilakukan secara offline saja, tapi juga bisa menggunakan beberapa website atau aplikasi pencari kerja.

Situs resmi dan aplikasi tersebut juga akan memberikan informasi dengan cepat tentang kriteria apa saja yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan pekerjaan apa yang sesuai dengan pelamar.

Baca Juga :
Hanya dengan membuat akun, Anda bisa mendapatkan notifikasi jika ada pekerjaan yang baru ditawarkan untuk fresh graduate.

5. Manfaatkan Media Sosial

Selain website dan aplikasi, media sosial juga memiliki banyak informasi tentang lowongan pekerjaan.

Namun, Anda perlu memeriksa dengan teliti apakah informasi tersebut valid atau tidak. Caranya, cek informasi lowongan kerja tersebut di website atau akun resmi perusahaan yang disebutkan.

Anda juga bisa membuat profil yang menarik dan buat portofolio dengan menggunakan LinkedIn.

6. Manfaatkan Kenalan

Setelah lulus, jangan ragu bertanya kepada saudara atau teman yang sudah bekerja. Cari tahu tentang informasi lowongan pekerjaan yang mungkin sedang ditawarkan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan relasi teman saat kuliah yang sudah bekerja atau memiliki koneksi dengan sebuah perusahaan.

7. Jangan Terlalu Jadi Pemilih

Meskipun yang diharapkan adalah pekerjaan yang diminati namun ketika ada kesempatan berharga sebaiknya fresh graduate tidak menolaknya. 

Hal itu bisa dianggap sebagai pengalaman kerja awal atau pijakan untuk karier selanjutnya. Oleh karena itu, lamarlah pekerjaan di banyak perusahaan sesuai dengan bidang yang Anda inginkan. 

Bila perlu Anda bisa buat daftar setiap harinya untuk melamar di beberapa perusahaan. Lakukan dengan konsisten dan tidak mudah menyerah.

Cara Melamar Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Melamar pekerjaan bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. 

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para pelamar kerja agar dapat lolos seleksi dan mendapatkan pekerjaan impian. Berikut ini adalah tips dan trik melamar pekerjaan dengan sukses:

1. Membuat CV yang menarik

CV adalah dokumen penting yang mencerminkan kualifikasi dan kompetensi pelamar kerja. Oleh karena itu, buatlah CV yang menarik, informatif, dan relevan dengan posisi yang dilamar. Meskipun belum memiliki pengalaman kerja, tunjukkan prestasi, keahlian, dan minat yang dimiliki.

2. Menunggu proses seleksi HRD

Setelah mengirimkan lamaran, pelamar kerja harus bersabar menunggu proses seleksi dari HRD. 

Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 2 minggu, tergantung dari jumlah pelamar dan kebijakan perusahaan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa email atau telepon apabila ada panggilan untuk interview.

3. Menghadapi interview

Interview adalah tahap penting yang menentukan nasib pelamar kerja. Ada beberapa sesi interview yang mungkin dihadapi, seperti interview dengan HRD, manager, atau pemilik perusahaan. 

Persiapkan diri dengan baik, berpakaian rapi, datang tepat waktu, dan jawab pertanyaan dengan jujur dan percaya diri.

4. Menentukan waktu mulai kerja

Jika lolos interview, pelamar kerja akan ditanyakan mengenai kesiapan untuk mulai bekerja. Jawablah dengan realistis dan fleksibel, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Jangan terlalu cepat atau terlalu lama, karena bisa memberikan kesan tidak profesional.

5. Menegosiasi gaji

Tahap selanjutnya adalah menegosiasi gaji yang akan diterima. Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan kualifikasi dan tanggung jawab pekerjaan. 

Lakukan riset mengenai standar gaji di industri terkait, dan berikan rentang gaji yang masuk akal dan bisa dinegosiasikan.

6. Menandatangani kontrak kerja

Tahap terakhir adalah menandatangani kontrak kerja yang mengikat kedua belah pihak, yaitu pelamar kerja dan perusahaan. 

Baca dengan teliti isi kontrak kerja, termasuk hak dan kewajiban, masa percobaan, jam kerja, cuti, asuransi, dan lain-lain. Jika setuju, tanda tangani kontrak kerja dan siap untuk bekerja.

Kesimpulan

Demikianlah tips mencari pekerjaan untuk fresh graduate. Jangan menyerah jika belum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, teruslah mencari dan melamar pekerjaan di berbagai perusahaan. 

Ikuti aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan, karena setiap perusahaan memiliki kriteria dan standar yang berbeda-beda.

Posting Komentar untuk "13 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate dan Cara Melamar Pekerjaan"