Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara Membuat Resume untuk Lamar Pekerjaan yang Baik dan Benar - Dalam artikel ini rekrutbumn akan berbagi informasi tentang bagaimana langkah langkah membuat resume?

cara membuat resume yang baik dan menarik tentunya perlu diketahui oleh para pelamar pekerjaan guna mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan.

membuat resume kerja yang menarik wajib memperhatikan syarat, susunan dan isinya, jika tidak seperti yang kita ketahui bersama banyak pelamar pekerjaan yang gagal karena resumenya tidak meyakinkan.

Cara Membuat Resume Melamar Kerja yang Baik dan Benar

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Ketika melamar pekerjaan, Anda harus memenuhi semua persyaratan yang diajukan oleh perusahaan, termasuk menyertakan resume atau surat lamaran kerja. Melalui resume inilah perusahaan akan menilai apakah Anda layak diterima atau tidak.

Bekerja adalah salah satu cara yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan.

Untuk melamar pekerjaan, diperlukan beberapa tahapan yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah resume kerja yang sangat penting.

Untuk dapat melamar kerja dan mendapatkan pekerjaan dengan mudah, Anda dapat mengikuti contoh resume kerja dan membuat resume kerja dengan mengetahui apa saja isi dari resume kerja yang dibutuhkan dalam pembahasan resume kerja berikut ini.

Untuk membuat resume, ada struktur yang harus dipenuhi. Pertama-tama, Anda perlu membedakan antara resume dengan CV agar tidak tertukar. Resume terdiri dari satu halaman saja. 

Namun, resume juga dapat dibuat dalam 2 halaman (maksimal). Sebaliknya, CV bisa mencapai beberapa halaman dan lebih panjang.

Apa itu Resume Lamaran Pekerjaan? 

Resume lamaran kerja adalah dokumen yang memuat ringkasan pengalaman, keahlian, pendidikan, dan pencapaian seseorang. 

Resume ini digunakan oleh pelamar untuk menunjukkan kepada perusahaan bahwa ia memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang dilamar.

Resume sering kali digunakan sebagai penilaian oleh perusahaan yang hendak dilamar untuk melihat apakah pelamar layak atau tidak untuk menempati posisi tersebut. 

Intinya, isi dari resume harus menunjukkan atau menjual potensi dan keunggulan diri pelamar kepada perusahaan yang hendak dilamar

Format Penulisan Resume

Salah satu langkah penting dalam membuat resume yang baik dan tepat adalah memilih format penulisan yang sesuai. 

Format penulisan resume adalah cara Anda menyusun dan menampilkan informasi di dalam dokumen tersebut.

Ada tiga format penulisan resume yang sering digunakan, yaitu kronologis, fungsional, atau kombinasi. Berikut adalah penjelasan masing-masing format:

1. Resume kronologis

Resume kronologis adalah format yang paling klasik dan mengurutkan pengalaman Anda berdasarkan waktu terjadinya. 

Resume ini biasanya lebih disukai oleh pembaca yang lebih tua dan mungkin lebih cocok untuk bidang yang bersifat konservatif.

2. Resume fungsional

Resume fungsional adalah jenis resume yang mengelompokkan pengalaman Anda berdasarkan keahlian yang Anda miliki. 

Format ini cocok digunakan jika Anda ingin mengubah arah karier (dan tidak memiliki pengalaman kerja yang relevan). 

Format ini menonjolkan kemampuan Anda terlebih dahulu. Pengalaman kerja, atau kurangnya, bukanlah hal yang utama.

3. Resume kombinasi

Resume kombinasi adalah format yang menggabungkan kelebihan dari format kronologis dan fungsional. 

Format ini adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki beberapa pengalaman profesional, di mana keterampilan dan riwayat kerja Anda sama-sama penting.

Syarat Resume Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Resume yang Baik dan Sesuai Standar Resume adalah dokumen yang berisi ringkasan tentang diri Anda, pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. 


Resume yang baik adalah resume yang memenuhi kriteria perusahaan atau setidaknya mengikuti contoh resume yang umum digunakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat resume, yaitu:

1. Kerapian (neatness)

Resume harus dibuat atau dicetak di atas kertas yang bersih dan berkualitas, tanpa ada coretan, dan menggunakan jenis huruf yang baik dan mudah dibaca. Susunan paragraf harus rapi agar memudahkan pembaca. Rapi adalah hal utama dalam membuat surat apapun.

2. Kesederhanaan (Simplicity)

Bahasa yang digunakan dalam resume harus sederhana, jelas, dan ringkas. Format resume juga harus dibuat agar nyaman dibaca. Resume tidak perlu desain yang terlalu banyak, cukup dengan hiasan agar lebih menarik.

3. Keakuratan (Accuracy)

Informasi yang disajikan dalam resume harus akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika informasi dalam resume tidak akurat, akibatnya bisa sangat fatal karena HRD akan memeriksa kebenarannya. 

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan menanyakan langsung kepada Anda atau meminta bukti. Jika Anda gagal dalam menjawab atau memberikan bukti, Anda bisa ditolak oleh perusahaan.

4. Kejujuran (Honesty)

Informasi yang disajikan dalam resume harus berdasarkan fakta yang sebenarnya. Misalnya, jujur dalam mencantumkan usia, status pernikahan, dan latar belakang pendidikan. Setiap pekerjaan yang dilakukan harus mengutamakan sikap jujur.

Tips Membuat Resume yang Baik dan Menarik

Perusahaan Resume adalah dokumen penting yang menunjukkan potensi dan kualifikasi Anda untuk pekerjaan yang Anda lamar. Untuk membuat resume yang baik, Anda perlu memperhatikan beberapa Tips Membuat Resume yang baik dan menarik:

1. Analisis Diri (Self Analysis) 

Langkah ini bertujuan untuk mengenali kemampuan, kelemahan, atau keunggulan diri Anda sendiri. Anda perlu mengevaluasi apa yang menjadi minat dan bakat Anda, dan bagaimana keterampilan atau skill Anda dalam hal tersebut.

2. Analisis Karir (Career Analysis) 

Setelah Anda mengetahui potensi dan skill diri Anda, Anda perlu melakukan analisis yang berkaitan dengan karir Anda di masa depan. 

Anda harus menentukan karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan Anda. Jangan salah dalam memilih karir karena akan berpengaruh sangat besar untuk masa depan Anda jika tidak segera ditangani.

3. Analisis Pekerjaan (Job Analysis) 

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah analisis pekerjaan yang baik. Anda harus memiliki pengetahuan atau gambaran tentang pekerjaan-pekerjaan di berbagai bidang. 

Karena setiap jenis pekerjaan memiliki tugas dan lingkungan yang berbeda. Pilihlah pekerjaan yang cocok untuk mendukung karir Anda di masa depan.

Cara Menulis Resume Lamaran Pekerjaan yang Menarik, Baik dan Benar

Setelah mengetahui apa itu resume lamaran kerja, syarat dan tips selanjutnya adalah menulis atau membuat resume cv. 


Nah dibawah ini adalah beberapa cara membuat penulisan resume lamaran kerja yang menarik, baik dan benar:

1. Membuat Header

Header resume adalah bagian pertama yang harus Anda buat. Di sini, Anda harus mencantumkan data diri seperti nama, nomor telepon, dan alamat email. 

Nama harus ditulis dengan huruf tebal atau ukuran lebih besar dari bagian dokumen lainnya, tetapi tidak lebih dari ukuran 14 p.

Anda juga bisa menambahkan alamat rumah jika relevan. Namun, jika Anda merasa ragu atau jika Anda ingin mem-posting resume secara online, maka Anda bisa menghapusnya. 

Pastikan nomor telepon yang Anda masukkan aktif dan bisa dihubungi kapan saja. Gunakan juga alamat email yang profesional dan mudah diingat.

2. Menulis Ringkasan

Ringkasan resume adalah bagian kedua yang harus Anda buat. Di sini, Anda harus menulis satu atau dua kalimat yang merangkum pengalaman kerja dan keterampilan Anda yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Buatlah ringkasan resume yang kuat namun ringkas. Jika Anda memiliki pengalaman profesional terbatas, seperti fresh graduate, Anda bisa menulis pernyataan objektif yang menjelaskan tujuan karier Anda secara singkat.

3. Daftar Soft Skill dan Hard Skill

Daftar soft skill dan hard skill adalah bagian ketiga yang harus Anda buat. Di sini, Anda harus membuat daftar keterampilan yang membuat Anda merasa cocok untuk pekerjaan yang Anda lamar.

Pikirkan hard skill (teknis) dan soft skill (antarpribadi) yang akan Anda tuliskan, serta keterampilan yang dapat ditransfer yang nantinya dapat berguna saat Anda berganti karier atau industri.

4. Membuat Daftar Riwayat Profesional

Daftar riwayat profesional adalah bagian keempat yang harus Anda buat. Di sini, Anda harus menuliskan sejarah profesional Anda dalam urutan kronologis terbalik, mulai dari pekerjaan terakhir hingga pekerjaan pertama.

Untuk setiap pekerjaan, tuliskan nama perusahaan, periode kerja, jabatan dan beberapa pencapaian penting yang Anda raih selama bekerja di sana. 

Anda juga bisa menambahkan informasi tentang pembelajaran atau peluang pertumbuhan yang Anda dapatkan saat bekerja di sana.

5. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan adalah bagian kelima yang harus Anda buat. Riwayat pendidikan adalah bagian yang penting terutama jika Anda memiliki pengalaman kerja yang terbatas atau jika Anda ingin berpindah ke industri baru.

Saat menulis bagian ini, tuliskan nama institusi, tanggal masuk dan lulus, dan gelar atau bidang studi yang Anda tempuh. 

Jika relevan, Anda juga bisa menambahkan informasi seperti nilai rata-rata, kursus yang Anda ikuti, atau tesis yang Anda buat.

6. Membuat Daftar Aktivitas

Daftar aktivitas adalah bagian keenam yang harus Anda buat. Di sini, Anda harus membuat daftar aktivitas yang pernah Anda ikuti dan jelaskan peran spesifik Anda di masing-masing aktivitas tersebut.

Di bagian ini, Anda bisa menuliskan keanggotaan atau posisi kepemimpinan yang Anda miliki di klub, organisasi, tim olahraga, komunitas, dan lain-lain.

7. Lampirkan Daftar Penghargaan

Daftar penghargaan adalah bagian ketujuh yang harus Anda buat. Di sini, Anda harus melampirkan daftar penghargaan yang pernah Anda capai. 


Hal ini yang berkaitan dengan pekerjaan atau bidang yang Anda lamar. Ini adalah hal yang bisa menjadi nilai tambah di mata calon pemberi kerja.

Anda bisa menuliskan penghargaan atas partisipasi dalam klub atau organisasi, penghargaan atas posisi kepemimpinan yang dipegang, penghargaan atas prestasi atau sertifikasi yang dimiliki. Jika Anda belum atau tidak memiliki penghargaan apa pun, Anda bisa melewatkan bagian ini.

Penutup

Itu dia sobat rekrutbumn.com Cara Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. Semoga dengan Cara Menulis Resume yang Menarik, Baik dan Benar diatas dapat membantu. 

Posting Komentar untuk "7 Cara Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"