Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Membuat CV dan Resume dalam Bahasa Inggris untuk Melamar Kerja

Cara Membuat CV dan Resume dalam Bahasa Inggris untuk Melamar Kerja - Dalam artikel ini akan mengulas tentang bagaimana membuat resume yang menarik dalam bahasa Inggris. 

Selain itu apa yang harus dihindari saat menulis resume bahasa Inggris dan juga Bagaimana cara membuat CV dalam bahasa Inggris?

Menulis CV merupakan bagian penting saat melamar pekerjaan.  Namun, banyak orang masih kesulitan menulis CV, terutama dalam bahasa Inggris, sehingga membutuhkan contoh khusus.

Di zaman sekarang, kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi salah satu persyaratan yang harus dimiliki.

Jika kita melihat persyaratan pekerjaan, banyak yang mewajibkan karyawan untuk fasih dan mahir dalam berbahasa Inggris.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat CV dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan peluang Anda diperhatikan oleh perusahaan yang Anda inginkan.

Mari kita lihat tips, kesalahan umum, dan alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat CV bahasa Inggris yang menarik.

Namun, sebelum memulai, rekrutbumn.com ingin mengetahui pendapat Anda tentang bahasa mana yang lebih baik digunakan saat menulis CV.

Cara Membuat CV dan Resume dalam Bahasa Inggris untuk Melamar Pekerjaan

Cara Membuat CV dan Resume dalam Bahasa Inggris untuk Melamar Kerja. panduan untuk membuat CV dalam bahasa Inggris yang menarik dan profesional

CV dan Resume atau surat lamaran adalah lampiran surat yang berisi informasi pribadi yang dibuat oleh pencari kerja.

Tujuan pembuatan surat lamaran adalah untuk memudahkan tim HRD menilai kecocokan antara calon atau pelamar kerja dengan posisi pekerjaan yang akan diisi.

Saat membuat resume, bahasa yang digunakan harus jelas dan lugas agar personel atau orang yang bertanggung jawab mempelajari surat lamaran dapat dengan mudah memahami informasi tentang data pribadi kita.

Nah dibawah ini adalah 9 cara membuat cv dan resume dalam bahasa inggris untuk melamar kerja sebagai berikut:

1. Gunakan Tata Bahasa Baku, Ejaan, dan Tanda Baca

Pastikan setiap kata dan kalimat yang digunakan dalam resume menggunakan tata bahasa baku. Hindari penggunaan tata bahasa dan kosakata yang salah.

2. Perhatikan Format dan Tata Letak

Buatlah format dan tata letak resume yang rapi dan mudah dibaca. Hindari membuatnya terlalu berantakan dan pastikan ukuran huruf yang digunakan dapat terbaca dengan jelas. 

Membuat CV bahasa Inggris yang menarik bukan berarti kamu bisa membuat CV yang abstrak agar terlihat semakin menarik dan unik.

Dalam membuat CV bahasa Inggris, kamu juga harus memastikan bahwa tata letak dan struktur yang kamu gunakan mudah dipahami. 

Jika tata letak dan struktur dalam CV yang kamu buat terlalu berantakan, perekrut akan sangat kesulitan dalam membaca CV-mu.

Nantinya, hal tersebut akan menurunkan peluang kamu diterima di perusahaan yang kamu inginkan. Pertama-tama, pastikan bahwa format dan ukuran huruf dapat terbaca walau hanya dipandang sekilas saja. 

Kamu harus ingat bahwa perekrut tidak hanya melihat 1 CV saja dalam sehari. Lalu, pastikan juga kamu konsisten dalam format CV bahasa Inggris kamu. Terakhir, jangan berikan penjelasan yang tidak bertele-tele dalam CV kamu.

3. Masukkan Data Diri dan Kemampuan yang Dibutuhkan

Ketika kamu melamar sebuah pekerjaan bukan berarti semakin banyak prestasi dan kemampuan yang kamu cantumkan di CV kamu semakin menarik. CV yang kita berikan itu seperti kesan pertama kita terhadap perekrut. 

Jadi, pastikan kamu memasukkan kemampuan dan prestasi yang penting dan ada kaitannya dengan pekerjaan yang akan kamu kerjakan nantinya.

Data diri juga menjadi salah satu hal yang penting untuk kita cantumkan dalam CV kita. Akan tetapi, ada beberapa data diri yang sebetulnya tidak perlu kamu masukan dalam CV kamu.

Informasi mengenai fisik kamu (tinggi dan berat badan), latar belakang pendidikan dari awal sampai akhir, dan pengalaman kerja atau organisasi yang tidak relevan sering kali tak perlu kamu cantumkan.

4. Cantumkan Pengalaman Kerja dan Organisasi yang Sesuai

Walaupun kamu memiliki segudang pengalaman kerja dan organisasi yang sudah pernah kamu lakukan sebelumnya, bukan berarti kamu juga harus memasukan seluruhnya. 

Ingat, membuat CV itu harus singkat, padat, dan jelas, supaya dapat meningkatkan peluang kamu terpilih menjadi salah satu kandidat terbaik.


Dalam mencantumkan pengalaman kerja dan organisasi sebelumnya, pastikan hal tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

Sebagai contoh, kamu tidak perlu memasukan pengalaman dalam bermain piano, jika kamu ingin melamar pada bagian HR.

5. Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Sesuaikan resume dengan posisi yang dilamar. Jangan lupa untuk menyesuaikan kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut.

6. Sertakan Informasi yang Menonjol

Sertakan informasi yang menonjol tentang diri kamu, seperti kemampuan unik atau pengalaman menarik.

7. Kemampuan / Keterampilan

Sertakan kemampuan yang kamu miliki, baik itu kemampuan teknis maupun kemampuan lunak yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

8. Sertifikat dan Penghargaan

Jika kamu memiliki sertifikat atau penghargaan yang relevan, cantumkan juga dalam CV atau resume kamu.

9. Pendidikan

Cantumkan riwayat pendidikan kamu, termasuk nama institusi, jurusan, dan tahun lulus sebagai pelengkap kamu untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri

Penutup

Nah itulah beberapa Cara Membuat CV dan Resume dalam Bahasa Inggris untuk Melamar Kerja. Semoga panduan untuk membuat CV dalam bahasa Inggris yang menarik dan profesional ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "9 Cara Membuat CV dan Resume dalam Bahasa Inggris untuk Melamar Kerja"