Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Kerja di Luar Negeri, Begini Tips dan Persyaratannya!

Cara Mencari Kerja di Luar Negeri - Gaji yang fantastis dan menggiurkan menjadi alasan utama mengapa begitu banyak orang berlomba-lomba mencari kesempatan kerja di luar negeri. 

Namun, tidak hanya gaji yang menjadi daya tarik, ada pula sejumlah faktor menarik lainnya yang mendorong orang untuk merantau bekerja di luar negeri.

Salah satunya adalah kesempatan untuk merasakan dan memahami berbagai pengalaman budaya yang berbeda. 

Pengalaman semacam ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kemandirian seseorang dan memperdalam keterampilan mereka. 

Tidak hanya itu, karier di luar negeri juga dapat mempercantik CV dan portofolio, menjadi nilai tambah yang signifikan dalam mencapai kesuksesan karier.

Cara Mencari Kerja di Luar Negeri

Cara Mencari Kerja di Luar Negeri, Begini Caranya!

Banyak orang tertarik untuk bekerja di luar negeri karena manfaat-manfaat yang ditawarkan, seperti pengalaman berharga dan potensi pendapatan yang lebih besar.

Perihal gaji, bekerja di luar negeri memang dikenal memberikan upah yang lebih besar dibandingkan di Indonesia. Tetapi, besaran upah tersebut bervariasi tergantung negara atau lokasi tempat bekerja.

Contohnya, bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan, rata-rata gaji yang diperoleh mencapai Rp22 juta per bulan. Sementara di Jepang, rata-rata gaji yang diterima sedikit lebih rendah, yakni sekitar Rp19 juta per bulan.

Namun, ketika berkerja di Amerika Serikat, TKI dapat mengantongi gaji rata-rata minimal Rp29 juta per bulan. Selain dipengaruhi oleh negara tempat bekerja, besaran gaji juga dipengaruhi oleh jenis pekerjaan yang dijalani.

Tips Mencari Peluang Kerja di Luar Negeri

Jika kamu tertarik bekerja di luar negeri, rekrutbumn.com telah menyiapkan beberapa tips mencari lowongan kerja luar negeri, simak sampai habis, ya!

1. Tentukan pekerjaan yang sesuai dengan minatmu 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mencari peluang kerja di luar negeri adalah menentukan pekerjaan yang sesuai dengan minatmu.

Pikirkan apa industri yang kamu minati dan posisi apa yang paling cocok dengan kemampuanmu. Dengan mengetahui pekerjaan yang kamu inginkan, tentu akan lebih mudah saat melakukan pencarian dan mencari peluang kerja di luar negeri.

2. Lakukan pencarian dengan teliti

Mencari peluang kerja di luar negeri itu tidak semudah mencari peluang kerja di dalam negeri.
Pasalnya, banyak sekali link palsu atau lowongan kerja penipuan yang bisa merugikan dirimu sendiri.

Oleh karena itu, sebelum kamu melamar ke satu lowongan kerja, sebaiknya lakukan pencarian terlebih dahulu secara online untuk memastikan kebenaran lowongan tersebut.

Tapi, tidak cukup hanya pencarian secara online saja, kamu juga perlu melakukan pencarian secara langsung di dunia nyata.

Misalnya, dengan bertanya kepada kenalan, teman, atau rekan kerja lain yang pernah bekerja di luar negeri.

Informasi yang kamu dapatkan dari orang-orang yang sudah dikenal tentunya akan lebih terpercaya dan bisa dipercaya.

3. Tunjukkan semangat yang tinggi

Mencari peluang kerja di luar negeri memang tidak mudah, itulah mengapa diperlukan semangat yang tinggi.

Dalam proses melakukan pencarian untuk mencari peluang kerja di luar negeri, pasti akan ada saat di mana kamu merasa jenuh dan bahkan merasa stres.

Namun, jika kamu memang memiliki semangat tinggi untuk bekerja di luar negeri, pastinya akan selalu bersemangat. Jadi, jangan mudah menyerah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, ya.

4. Buat CV sesuai dengan negara tujuan

Menurut The Expater, banyak resume dan CV dari berbagai bidang memiliki gaya penulisan yang berbeda di setiap negara.

Contohnya, di beberapa negara Eropa, mencantumkan foto adalah hal yang biasa. Namun, di UK banyak orang yang tidak mencantumkan foto di CV/resume mereka.

Saat mencari peluang kerja di luar negeri, selain harus menerjemahkan, kamu juga harus menyesuaikan gaya penulisan CV/resume sesuai dengan negara yang kamu tuju.

Tapi, jika kamu mencari perusahaan multinasional yang ada di luar negeri, kamu bisa tetap menggunakan CV/resume berbahasa inggris.

5. Manfaatkan koneksi di LinkedIn

Media sosial seperti LinkedIn sangat penting untuk mencari peluang kerja di luar negeri, lho!
Perbarui profil-mu di LinkedIn dan cantumkan juga apa saja skill yang dimiliki. 

Lewat media sosial ini kamu bisa dengan mudah menambah koneksi dengan para profesional.

Tidak hanya menambah koneksi, di sana kamu juga dapat mencari info tentang lowongan kerja dari luar negeri dengan mudah.

Misalnya, kamu sudah tertarik bekerja di sebuah perusahaan A. Kemudian, kamu bisa menambahkan koneksi dari beberapa karyawan yang bekerja di sana.

Setelah berkenalan, kamu bisa mencoba meminta informasi yang dibutuhkan untuk mencoba melamar bekerja di perusahaan tersebut.

6. Tampilkan keunggulan dirimu

Saat kamu melamar pekerjaan di luar negeri, kamu harus bisa bersaing dengan pelamar lain yang mungkin lebih mengenal budaya dan kebiasaan setempat. 

Meskipun kamu memiliki kemampuan dan prestasi yang memukau, itu belum cukup. Kamu harus memikirkan apa yang bisa membuat dirimu berbeda dari yang lain, misalnya kemampuan berbahasa.

7. Cek persyaratan visa kerja

Hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat kamu memutuskan mencari lowongan kerja luar negeri adalah memeriksa syarat visa negara tujuanmu. 

Beberapa negara memungkinkan kamu menggunakan visa wisata terlebih dahulu sebelum mengurus visa kerja. Namun, beberapa negara juga tidak mengizinkan hal itu tanpa adanya surat kontrak kerja.

Kamu harus memastikan syarat kerja dan peraturan perjalanan di negara tujuanmu agar kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal dan lebih matang.

8. Sesuaikan Ekspektasi

Menyesuaikan ekspektasi di sini bukan berarti kamu tidak boleh bermimpi mendapatkan gaji yang besar dan posisi tinggi.

Namun, sebaiknya carilah lowongan yang sesuai dengan kemampuanmu terlebih dahulu sambil menyesuaikan diri di negara baru.

Jika setelah beberapa bulan kamu sudah bisa beradaptasi dan merasa siap untuk naik ke level yang lebih tinggi, baru deh coba untuk mencari pekerjaan yang lain.

Menurut Hult International Business School, saat mencari lowongan pekerjaan di luar negeri sebaiknya pilih kota yang tidak terlalu kompetitif.

Misalnya kamu memilih kota besar seperti London atau New York, tentu saja akan sulit mendapatkan pekerjaan.

Pasalnya, dua kota itu terkenal memiliki pasar kerja yang sangat kompetitif. Jadi, pesaingmu bukan hanya dari kandidat kota itu saja tapi juga dari negara-negara lainnya.

Syarat Kerja di Luar Negeri

Apakah Anda tertarik untuk bekerja di luar negeri setelah mengetahui besarnya gaji rata-rata yang bisa Anda dapatkan?

Jika jawabannya ya, Anda harus mempersiapkan persyaratan kerja di luar negeri dengan baik, agar Anda tidak kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Secara umum, persyaratan yang harus Anda siapkan sama dengan di Indonesia, yaitu CV, portofolio, ijazah, surat rekomendasi, dan dokumen pendukung lainnya.

Namun, ada beberapa persyaratan kerja di luar negeri tambahan yang harus Anda penuhi, yaitu:
  1. Memiliki paspor
  2. Memiliki VISA negara yang dituju
  3. Memiliki kemampuan sesuai bidang yang dilamar
  4. Berusia minimal 18 tahun
  5. Sehat jasmani dan rohani
  6. Terdaftar sebagai peserta Jaminan Sosial

Cara Kerja di Luar Negeri

Kini, cara kerja di luar negeri terbilang lebih mudah, karena segala informasi tentang pekerjaan yang kamu inginkan bisa dicari di internet, termasuk persyaratan dan jenis pekerjaan yang sedang dibutuhkan saat ini.

Nah, buat kamu yang tertarik, terdapat beberapa cara kerja di luar negeri, yaitu sebagai berikut:

1. Cari Lowongan Melalui Website Lowongan Kerja Luar Negeri 

Salah satu tips kerja di luar negeri yang paling umum yaitu mencari lowongan melalui website lowongan kerja luar negeri.

Sekarang ini, sudah banyak website lowongan kerja luar negeri yang memberikan informasi lengkap mengenai lowongan pekerjaan di berbagai negara. 

Anda bisa memanfaatkan website tersebut untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

2. Mengikuti Program Volunteer

Tips kerja di luar negeri selanjutnya yaitu ikut program sukarelawan. Biasanya, ada banyak lembaga yang menyelenggarakan program sukarelawan di beberapa negara.

Nah, untuk memulai karir di luar negeri, Anda bisa ikut program tersebut, agar mendapatkan pengalaman. 

Namun, Anda harus tahu, bahwa menjadi sukarelawan kebanyakan tidak mendapat gaji tetap.

Meski begitu, lembaga penyelenggara akan tetap memberikan Anda manfaat lainnya, seperti tunjangan dan tempat tinggal. 

Bagi Anda yang mencari tips kerja di luar negeri lulusan SMA, menjadi sukarelawan bisa jadi pilihannya.

3. Menjadi Freelancer

Jadi freelancer atau pekerja lepas adalah salah satu tips kerja di luar negeri tanpa biaya. Dengan jadi freelancer, Anda bisa bekerja kapan saja dan dari mana saja.

Tips ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan bekerja di perusahaan luar negeri, tapi masih belum siap untuk tinggal di negaranya. 

Seperti pekerjaan pada biasanya, Anda harus memiliki keahlian untuk bisa bekerja sebagai freelancer.

4. Ikut Program Magang dari Negara Tujuan 

Selanjutnya, tips kerja di luar negeri yaitu ikut program magang dari perusahaan negara tujuan. 

Biasanya, perusahaan luar negeri membuka program magang untuk semua orang dari negara mana saja.

Untuk mendapatkan informasinya, Anda bisa membuka situs web dari perusahaan yang ingin Anda tuju. 

Nah, bagi Anda yang fresh graduate, ikut magang adalah tips kerja di luar negeri lulusan S1 yang tepat, karena biasanya tidak membutuhkan keahlian khusus.

5. Lewat Agen Di luar negeri

banyak lowongan pekerjaan untuk berbagai tingkat pendidikan, termasuk lulusan SMK. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan pendidikan yang dimiliki saat ini.

Adapun salah satu tips kerja di luar negeri lulusan SMK yaitu lewat agen penyalur. Jika Anda menggunakan tips ini, agen biasanya akan memberikan berbagai bantuan, mulai dari mengurus dokumen hingga mencari penginapan.

Namun, Anda perlu berhati-hati dan memastikan bahwa agen yang Anda pilih sudah terpercaya, agar tidak menjadi korban penipuan.

6. Pertukaran Pekerja

Cara kerja di luar negeri selanjutnya yaitu melalui pertukaran pekerja. Yap, tidak hanya untuk pelajar, program pertukaran juga ada yang untuk pekerja, lho.

Biasanya, program ini diselenggarakan oleh perusahaan untuk para pegawainya. Jadi, Anda bisa cari tahu, apakah perusahaan Anda memiliki program ini. 

Jika ya, manfaatkan program tukar tersebut untuk mendapatkan pengalaman kerja di luar negeri.

7. Mengajukan Working Holiday Visa

Bagi yang berusia 18-30 tahun, kamu bisa bekerja di luar negeri dengan mengajukan Working Holiday VISA (WHV).

Memiliki WHV, memungkinkanmu untuk bisa bekerja sekaligus liburan di luar negeri, menarik bukan?

Namun, cara kerja di luar negeri ini memiliki batas waktu, di mana WHV hanya berlaku selama 1 atau 2 tahun tergantung dari negara tujuan.

8. Bersekolah di Luar Negeri

Mungkin, kamu sudah memiliki negara impian untuk bekerja. Untuk mewujudkannya, kamu bisa mulai dengan bersekolah di negara tersebut.

Ketika bersekolah di luar negeri, kamu bisa bekerja part time, lho. Jadi, pengalaman kerjamu akan bertambah.

Nah, setelah lulus nanti, kamu bisa mulai mencari pekerjaan full time sesuai dengan keahlianmu.

Penutup

Nah itu dia sobat rekrutbumn.com beberapa cara mencari lowongan kerja luar negeri. Dengan tips mencari lowongan kerja diatas dapat membantu kalian untuk mendapatkan pekerjaan. Pastikan simak dengan baik syarat kerja di luar negeri yang telah kami sampaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Kerja di Luar Negeri, Begini Tips dan Persyaratannya!"