Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persyaratan Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Persyaratan Lamaran Kerja yang Baik dan Benar - Mau melamar pekerjaan di perusahaan idaman? Gausah galau, kamu harus kirim lamaran kerja dulu dong! 

Tapi supaya perusahaan tergoda sama lamaran kamu, pastiin dulu kalau semua syaratnya udah dipenuhi ya! 

Nih, buat kamu yang baru lulus atau lagi cari kerja, sebaiknya siapin dokumen lamaran kerja jauh-jauh hari. 

Soalnya, persyaratan lamaran kerja bisa beda-beda antara satu perusahaan dengan yang lain, apalagi kalo jabatan yang kamu incer juga beda.

Apa itu Surat Lamaran Kerja

Persyaratan Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja 
adalah surat resmi yang dibuat seorang pencari kerja untuk dikirimkan ke instansi atau perusahaan dengan tujuan melamar pekerjaan. Biasanya surat lamaran kerja menyertakan resume atau CV yang menjelaskan profil dan pengalaman kerja profesional Anda. 

Surat lamaran pekerjaan adalah penting sebagai informasi awal agar pemberi kerja tertarik meninjau kemudian melanjutkan proses perekrutan. Karena itu Anda harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. 

Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkap tentang apa itu surat lamaran kerja, ciri-ciri surat lamaran kerja yang baik dan benar, serta apa saja persiapan sebelum menulis surat lamaran kerja berikut ini. 

Persyaratan Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Persyaratan lamaran kerja ini berupa dokumen-dokumen yang kamu kirimkan ke perusahaan yang lagi butuh pegawai. Kalo dokumentasinya lengkap, HRD bakalan lebih gampang buat seleksi calon karyawan baru. 

Jadi, makin cepet deh kamu dipanggil buat wawancara kerja. Nah, apa aja sih dokumen lamaran kerja yang harus kamu siapin??

Ada sejumlah Persyaratan Lamaran Kerja yang Wajib Dipersiapkan oleh seorang pelamar agar perusahaan mau mempertimbangkan pelamar sebagai kandidat yang berpotensi.

Curriculum Vitae atau CV

Nih bro, kalo mau nyari kerja, pasti harus punya persyaratan lamaran yang penting banget, yaitu CV alias Curriculum Vitae.

CV itu bisa diisi dengan data-diri kita, pendidikan terakhir, pengalaman kerja, magang, keahlian atau skill, pelatihan, dan contact yang bisa dihubungi. Pokoknya segala info penting tentang kita ada disitu deh.

Biasanya sih perusahaan minta CV, jadi jangan sampai lupa bikin CV yang asik dan menarik hati HRD. Tapi ya jangan lupa juga bikin CV yang singkat dan jelas biar HRD gampang paham dan kenal sama kita.

Surat Lamaran Kerja

Kalo mau nyari kerja, gak cuma CV aja yang harus disiapin bro. Ada persyaratan lamaran kerja lainnya yang penting juga, yaitu surat lamaran kerja. Nah, dokumen ini fungsinya buat kasih tau perusahaan kalo kita berminat banget untuk jadi bagian dari mereka.

Tapi ya jangan asal-asalan nulis surat lamaran kerja. Kudu pake tata bahasa yang bener dan formal biar kelihatan resmi. Toh kan surat lamaran kerja ini ditujukan ke pimpinan atau HRD perusahaan.

Kalo penulisan surat lamaran kerjanya oke, bisa jadi bikin HRD terkesan dan ngundang kita ke tahap seleksi lanjutan. Contoh surat lamaran kerja yang oke-oke bisa diintip di sini deh.

Portofolio Kerja

Nah, kalo lo udah pengalaman banget di dunia kerja, pasti gak asing lagi sama yang namanya portofolio kerja. Ini tuh kayak kumpulan hasil karya lo selama kerja di bidang tertentu, bisa berupa tulisan, desain, gambar atau dokumen lainnya. 

Jadi, kalo lo mau nunjukin kemampuan lo dan bikin perusahaan tertarik sama lo, jangan lupa siapin portofolio yang kece abis ya! Kalo gak ada ini, bisa-bisa lo dianggap kurang kompeten. Makanya, jangan lupa lampirin portofolio lo sebagai persyaratan lamaran kerja ya!

Surat Pengalaman Kerja

Cuy, kalo lo pernah kerja di perusahaan sebelumnya dan mau melamar kerja di tempat baru, ada satu hal yang bisa nambahin nilai plus buat lo, yaitu surat pengalaman kerja. 

Ini tuh kayak fotokopian surat bukti kalo lo emang udah pernah kerja sebelumnya, dan bisa jadi bikin perusahaan baru makin melek sama kemampuan lo. 

Mereka pasti lebih suka calon pekerja yang udah punya pengalaman soalnya. Makanya, jangan lupa sertakan fotokopi surat pengalaman kerja sebagai salah satu syarat lamaran ya!

Ijazah dan Transkrip Nilai 

Bro, kalo lo mau lamar kerja, jangan lupa ngecek lagi berkas lamaran lo. Salah satu dokumen yang pasti diminta adalah ijazah dan transkrip nilai. 

Ini penting banget buat nunjukin kalo lo beneran udah lulus dari pendidikan formal yang tertera di CV atau surat lamaran lo. Tapi biasanya sih perusahaan minta fotokopi ijazah sama transkrip nilai pendidikan terakhir doang. 

Dan inget ya, kadang-kadang perusahaan minta dua dokumen ini dilegalisir juga, jadi jangan lupa sertakan sebagai salah satu persyaratan lamaran kerja lo!

Formulir Data Pribadi dari Perusahaan

Kalo lo mau lamar kerja, kadang-kadang perusahaan minta lo isi formulir data pribadi mereka. Isinya sederhana sih, cuma data diri, riwayat pendidikan, pekerjaan sebelumnya, kesehatan, sama ekspektasi gaji. 

Tapi ada juga beberapa perusahaan yang gak mempermasalahin hal ini, jadi gak semua perusahaan minta lo isi formulir. Tapi yah, kalo emang diminta ya jangan lupa lengkapi ya! Ini juga salah satu persyaratan lamaran kerja lo!

Identitas Pribadi 

Kalo lo mau lamar kerja, pasti ada satu persyaratan yang selalu diminta yaitu identitas pribadi. Biasanya perusahaan minta fotokopi KTP sama Kartu Keluarga (KK), tergantung kebutuhan perusahaan sih bisa satu atau beberapa lembar. 

Tapi inget ya, kalo emang gak diminta perusahaan, jangan dipaksain buat ngirim berkas ini. Cukup kirim aja kalo diminta, jangan nambah-nambahin sendiri. Kalo gak diminta, berarti gak perlu dilampirkan dalam syarat lamaran kerja lo!

Pas Foto Terbaru 

Kalo lo mau lamar kerja, jangan lupa siapin pas foto terbaru ya! Biasanya ukuran yang paling sering diminta adalah 3x4 atau 4x6. Nah, kalo lo mau lebih aman sih, mending siapin beberapa foto sekaligus dengan latar belakang biru atau merah. 

Jadi ntar gampang juga buat lo ngirimnya ke perusahaan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ingat, ini juga salah satu syarat lamaran kerja lo, jadi jangan sampe lupa ya!

Surat Referensi Kerja dan Sertifikat Keahlian 

Kalo lo udah ahli di bidang tertentu atau punya pengalaman kerja, mungkin perusahaan bakal minta dua berkas tambahan nih. Yang pertama adalah surat referensi kerja, dan yang kedua adalah sertifikat keahlian. Biasanya persyaratan ini cuma buat posisi-posisi yang emang butuh tenaga ahli aja.

Tapi lo tau gak? Kedua berkas lamaran kerja ini bisa bikin peluang lo buat diterima makin besar loh! Apalagi kalo emang sesuai sama posisi yang dilamar, pasti perusahaan bakal lebih tertarik sama lo. Jadi, kalo misalnya diminta, jangan lupa siapin ya! Ini juga salah satu persyaratan lamaran kerja lo.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Kalo lo mau lamar kerja, ada satu persyaratan lagi yang kadang-kadang diminta sama perusahaan yaitu Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau lebih dikenal dengan SKCK. Ini tuh sertifikat bukti kalo lo gak pernah terlibat tindakan kejahatan atau kriminal.

Beberapa perusahaan minta SKCK ini buat memastikan kalo calon pekerjanya beneran berperilaku baik dan gak punya riwayat kejahatan. Tapi inget ya, masa berlaku SKCK cuma 6 bulan aja jadi pastikan juga kalo dokumen SKCK lo masih berlaku. 

Kalo belum punya, bisa bikin di kantor polisi terdekat atau secara online di website SKCK Online Polri dengan lengkapi beberapa dokumen persyaratan aja. Ingat, ini juga salah satu syarat lamaran kerja lo!

Surat Keterangan Sehat 

Nah, kalo lo mau lamar kerja, berkas terakhir yang perlu lo siapin adalah surat keterangan sehat. Tapi perlu diinget ya, gak semua perusahaan memerlukan surat ini buat semua tahap proses rekrutmen. 

Jadi tergantung dari kebijakan perusahaannya aja. Ada juga kok yang enggak mewajibkan surat keterangan sehat sebagai persyaratan lamaran kerja. Jadi, cek dulu kebutuhan perusahaan tersebut ya!

Kesimpulan 

Nah, itulah beberapa persyaratan lamaran kerja atau berkas lamaran kerja yang umum diminta perusahaan. Calon pelamar kerja bisa menyiapkan berkas-berkas lamaran kerja dalam bentuk hard copy maupun soft file.

Posting Komentar untuk "Persyaratan Lamaran Kerja yang Baik dan Benar"